Sabtu, 09 April 2011

keypad numerik vs qwerty



Kita pasti akrab dengan susunan keypad yang sering kita temukan pada ponsel atau komputer, pada keypad numerik kita akan menemukan susunan huruf alphabet a sampai z, dan pada keyboard qwerty tentu saja susunan huruf nya qwerty, karna itu disebut keyboard qwerty.

Sebelom ramai2 ponsel qwerty, jari-jari kita sudah hafal dengan susunan abjad keypad, meskipun kita juga hafal dengan susunan huruf qwerty. Dalam benak saya, knpa keypad numeric menggunakan huruf alphabet a-z, knapa tidak disamakan saja dengan qwerty, dan ternyata selama ini belum ada yang protes dengan susunan abjad tersebut, toh jari2 kita bisa menerimanya.

Ternyata dengan susunan keypad numeric, kita bisa mengkreasikan diri mengacak susunan angka menjadi abjad yang terbaca, seperti yang sering saya pake untuk menentukan password atau pin, biar mudah untuk di ingat, karna jujur, mengingat nomer2 lebih susah drpd mengingat abjad yang bisa di baca, contoh nya dalam mengetikkan nomer PIN kita sering lupa karna banyak nya angka yang harus diingat, dan sering nya mereka menggunakan tanggal lahir sebagai PIN, pdahal hal ini tidak disarankan, lebih baik kita membuat pin yang susah ditebak orang lain namun mudah diingat untuk kita, dalam hal ini untuk PIN 4 angka, kita bisa menggunakan kata “BUKA” untuk nomer 2852, jika dirasa susunan ini tidak terlalu random, kita bisa memilih kata “ABRE” (buka dalam bahasa spanyol) 2273.

Dan ternyata cara ini banyak digunakan perusahaan2 dalam mengimbuhkan nomer telepon perusahaan dengan nama yang mudah diingat, misalnya SONY, 08123456-7669 (SONY)

Sekarang dengan banyak nya handphone dengan system qwerty, apakah fungsi numerik akan ditinggalkan? Ternyata masih ada yang menggunakan system numeric sebagai pembacaaan kode nomer. Karna meskiun keypad qwerty sangat praktis digunakan, tak kalah asik nya dengan kita menggunakan keypad numeric.

Pilih mana? Keypad numerik atau qwerty?

Tidak ada komentar: